Terduga Teroris di Depok Ditembak Mati

0
T CumaBerita.com, Jakarta. Karo Penmas Divisi Humas Polri mengatakan dua terduga teroris yang ditembak berinisial AA dan AS. Diduga, keduanya akan melakukan aksi saat pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak 2018 di Jawa Barat, 27 Juni 2018. Polisi menembak terduga teroris di Jalan Tole Iskandar, Sukmajaya, Depok, Sabtu 23 Juni 2018 sekitar pukul 07.00 WIB.

Dalam proses penyergapan AA dan AZ melakukan perlawanan dengan menyerang petugas sehingga dilumpuhkan petugas yang menyebabkan tersangka meninggal dunia. Polisi mengatakan penangkapan terhadap AA dan AZ dilakukan pada saat keduanya melintas dengan sepeda motor di Jalan Tole Iskandar, Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Saat ini, jenazah kedua tersangka dibawa ke RS Polri Kramatjati, Jakarta timur. Menurut keterangan polisi AA dan AZ diduga merupakan anggota kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

Kedua terduga teroris juga pernah mengikuti pelatihan semimiliter di Gunung Gede pada tahun 2014 bersama tokoh ISIS asal Indonesia Bahrumsyah. Sementara itu, sejumlah warga yang berada di lokasi penembakan enggan berkomentar mengenai penembakan tersebut. Sejumlah polisi berpakaian sipil masih berjaga di sekitar lokasi kejadian.

Sebelumnya keputusan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan vonis mati kepada pemimpin Jemaah Ansharut Daulah (JAD), Oman Rachman alias Aman Abdurrahman alias Abu Sulaiman, menimbulkan pro kontra.

Kepala Bidang Advokasi Kontras berpendapat bahwa hukuman mati tidak tepat dijatuhkan untuk teroris meski terbukti bersalah. Kepala Bidang Advokasi Kontras juga menilai vonis tersebut sangat dipengaruhi situasi setelah bom Surabaya pada 13 Mei 2018.

Baca Juga: Aman Abdurrahman Divonis Mati, Terlibat Tindak Pidana Terorisme

Kepala Bidang Advokasi Kontras juga menganggap vonis mati untuk kasus terorisme tidak terbukti mampu menghentikan aksi teror di Indonesia. Vonis tersebut tidak akan memberikan efek jera karena justru sesuai dengan keinginan para jihadi yang bertujuan mati sejak awal. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply