Cara Menghubungkan Ponsel ke Speaker Bluetooth

0
C– Mendengarkan musik merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan, sebab dari musik bisa mendapatkan hiburan dan ketenangan jiwa. Salah satu perlengkapan yang dibutuhkan untuk mendengarkan musik agar lebih nyaman dan puas yakni dengan speaker. Hal tersebut memang, dengan speaker suara yang dihasilkan lebih jelas dan keras, sehingga musik yang didengarkan lebih puas.

Dengan berkembangnya zaman pun saat ini, speaker juga mengalami perkembangan. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya speaker Bluetooth yang penggunaanya lebih praktis. Ya, memang lebih praktis penggunaanya, karena untuk menghubungkan ke perangkat tidak membutuhkan kabel, tetapi menggunakan konektivitas Bluetooth.

Meski menggunakan konektivitas berupa Bluetooth, Anda tak perlu khawatir soal harga, karena di pasaran terdapat berbagai speaker Bluetooth murah yang bisa dipilih. Dengan demikian budget yang Anda butuhkan tatap tak terlalu banyak.

Menggunakan speaker Bluetooth memang lebih praktis, karena bisa digunakan dimana pun dan dapat dipasangkan oleh berbagai perangkat apapun yang diinginkan. Salah satu perangkat yang bisa Anda hubungkan dengan speaker Bluetooth yaitu ponsel. Ya, jika ponsel Anda memiliki konektivitas Bluetooth maka bisa dipasangkan dengan jenis speaker ini.

Lalu bagaimana cara menghubungkannya? Berikut cara yang bisa Anda lakukan:

1. Hidupkan Speaker

Selain banyak speaker Bluetooth murah, penggunaan jenis speaker ini juga lebih praktis. Hal tersebut karena sebagian besar speaker yang telah dibekali dengan fitur Bluetooth bisa menyalakan Bluetooth secara otomatis ketika menghidupkan power speaker. Nah, untuk mempermudah mengetahui apakah Bluetooth telah aktif atau tidak maka bisa melihat di bagian lampu indikator Bletoothnya.

2. Hubungkan dengan Ponsel Anda

Langkah selanjutnya yakni dengan menghidupkan Bluetooth pada ponsel Anda, caranya yaitu pergi ke menu setting, kemudian klik ikon konektivitas, dan cari Bluetooth, kemudian nyatakan. Ketika Bluetooth telah berhasil aktif, kemudian cari daftar perangkat yang tersedia. Jika menemukan nama perangkat Bluetooth yang berasal dari speaker, maka lanjutkan dengan menghubungkan keduanya.

Setelah kedua proses menghubungkan ponsel dan speaker selesai maka Anda bisa memutar musik, menonton video atau aktivitas lainnya dengan suara yang lebih keras menggunakan speaker Bluetooth, sangat mudah bukan?

Selain cara mudah menghubungkan speaker Bluetooth ke ponsel di atas, ada juga tips menarik yang bisa Anda lakukan untuk mendengarkan musik dengan nyaman lho. Yaitu mengubah speaker aktif menjadi speaker Bluetooth. Bagaimana bisa? Simak penjelasan berikut ini tantang cara menambahkan Bluetooth pada speaker aktif menggunakan ponsel Android.

Menemukan speaker Bluetooth murah memang sangat mudah, namun apa salahnya jika Anda bisa membuat sendiri dengan speaker aktif yang telah dimiliki. Ya, dengan speaker aktif yang tanpa didukung konektivitas Bluetooth bisa Anda jadikan sebagai speaker Bluetooth. Bagaimana caranya? Berikut langkahnya:

1. Siapkan Bluetooth Transmitter dan Bluetooth Receiver

Bagi Anda tak menemukan speaker Bluetooth murah, maka bisa memanfaatkan speaker aktif jadul untuk menikmati speaker Bluetooth lho. Yang perlu Anda persiapkan adalah Bluetooth transmitter dan receiver.
Dimana Bluetooth transmitter merupakan alat yang digunakan untuk mentransmisikan signal Bluetooth pada perangkat penerimanya, sedangkan Bluetooth receiver merupakan alat yang digunakan untuk menerima signal Bluetooth ke perangkat lain yang Anda inginkan.

2. Hubungkan Alat yang Telah Dipersiapkan Ke Perangkat yang Akan Digunakan

Jika Anda telah menyiapkan Bluetooth transmitter dan Bluetooth receiver, maka selanjutnya tinggal pasangkan alat tersebut ke dalam perangkat yang akan digunakan. Yakni Bluetooth transmiter dipasang di ponsel, sedangkan Bluetooth receiver dipasang di speaker.Anda tak perlu bingung untuk memasangnya, sebab baik Bluetooth receiver maupun Bluetooth transmitter bisa dipasngkan dengan USB pada perangkat yang akan digunakan, baik speaker maupun ponsel.

3. Hubungkan Speaker dan Perangkat yang Telah Dipasang Bluetooth

Selah Bluetooth transmitter dan Bluetooth receiver terhubung maka pasangkan signal Bluetooth. Caranya cukup mudah, yakni hanya hidupkan Bluetooth pada ponsel, kemudian cari nama Bluetooth yang terpasang pada speaker. Jika keduanya telah terpasang maka Anda sudah bisa mendengarkan musik, menonton video atau aktivitas lainnya dengan suara yang dihasilkan speaker.

Bagaimana sangat mudah bukan untuk menghubungkan Bluetooth murah yang Anda miliki bukan? Nah, bagi Anda yang tak menemukan speaker Bluetooth murah maka bisa membuat sendiri dengan speaker jadul yang Anda miliki, sehingga lebih hemat biaya.

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply