Jokowi Menang, Banjir Ucapan Selamat dari Pemimpin Dunia di G20

0
J CumaBerita.com, Jakarta. Sebelum KTT G20 resmi dimulai, para pemimpin negara dan undangan KTT G20 berfoto bersama. Dalam sesi foto itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) diapit Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Sesi foto berlangsung di titik penyambutan tamu kepala negara G20 di gedung INTEX Osaka, Jepang, Jumat 28 Juni 2019.

Para pemimpin negara G20 berbaris bersama. Dalam sesi ‘family photo’ itu, Jokowi berdiri di barisan paling depan, agak di ujung. Berada di sebelah kanan Jokowi, berdiri Macron dan di sebelah kiri Jokowi berdiri Erdogan. Sementara itu, di sebelah kiri Erdogan terlihat berbaris Presiden AS Donald Trump, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman dan PM Jepang Shinzo Abe. Terlihat juga ada Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin yang ikut foto bersama. Seusai foto bersama, rapat pertama KTT G20 dimulai. Rapat membahas soal ekonomi digital. Setelah rapat, rencananya akan dilakukan pertemuan sesi pertama KTT G20 sambil makan siang bersama.

Tema yang dibahas adalah Global Economy and Trade and Investment. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 jadi ajang ucapan selamat untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memenangi Pilpres kedua kalinya setelah dikuatkan oleh putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Sejumlah kepala negara G20 mengucapkan selamat secara langsung kepada Jokowi.

Kepala Protokol Negara Andri Hadi, yang ikut mendampingi Jokowi selama di kegiatan KTT G20, mengatakan hampir semua kepala negara ataupun kepala pemerintahan yang menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi saat bertemu di arena KTT G20 di gedung INTEX Osaka, Jepang.

Ucapan selamat tersebut disampaikan dalam berbagai kesempatan. Para kepala negara atau kepala pemerintahan yang memberikan ucapan di antaranya yakni Presiden Amerika Serikat Donald Trump, PM Jepang Shinzo Abe, Putra Mahkota Kerajaan Saudi Mohammad bin Salman, PM Kanada Justin Trudeau, PM Australia Scott Morrison.

Baca Juga: Daftar Dalil-dalil Gugatan Prabowo yang Ditolak MK, Sidang Diskors

PM Belanda Mark Rutte, Presiden Prancis Emmanuel Macron, PM Italia Giuseppe Conte, PM Inggris Theresa May, dan Presiden Spanyol Pedrosan Chez. Para pemimpin negara G20 mengucapkan selamat kepada Presiden Joko Widodo atas kemenangannya dalam Pemilihan Umum Presiden 2019. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply