Penyebab Transmisi Mobil Matik Tak Bisa Pindah Gigi

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Dibalik kemudahan mengendarai mobil matik, persneling merupakan komponen penting bagi sebuah mobil saat berkendara di jalan raya. Namun piranti yang satu ini sering kedapatan mengalami beberapa masalah, seperti persneling pada mobil matik yang tidak bisa dipindahkan giginya. Tentunya hal ini membuat khawatir sejumlah pengendara, apalagi ketika persneling tersangkut saat melintas di jalan raya.

Berikut ini sejumlah faktor yang menyebabkan persneling mobil tak bisa dipindahkan giginya.

1. Masalah pada Switch Rem
Salah satu penyebab mobil matik tidak bisa berpindah gigi disebabkan adanya kendala pada switch rem. Ketika pedal rem diinjak, switch rem tidak ikut tertekan. Kerusakan pada switch rem sendiri merupakan bentuk pencegahan agar tidak terjadi kecelakaan dalam berkendara. Jika sudah tahu letak permasalahannya, Anda perlu menganalisis dan mengganti partisi yang bermasalah. Anda bisa memperhatikan apakah brake switch pada rem perlu diganti atau cukup disetel ulang.

2. Switch Rem Kotor
Selain masalah pada switch rem, kendala yang membuat persneling mobil matik tidak bisa dipindahkan karena switch rem kotor oleh debu, kotoran bahkan sisa pelumas yang menumpuk. Alhasil switch rem tidak berfungsi sehingga tuas transmisi tidak bisa dipindahkan. Biasanya kondisi ini terjadi pada saat mesin mobil dingin. Ketika dipanaskan, kotoran bisa luruh sehingga transmisi mudah digeser. Apabila switch rem sudah rusak, Anda bisa menggantinya dengan yang baru dan pastikan sesuai untuk tipe mobil Anda.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2021 Tak Dilarang, Namun Ada Aturan Ketat

3. Kerusakan pada Gearbox
Salah satu faktor yang membuat transmisi mobil matik tidak bisa berpindah adalah pada gearbox. Masalah ini muncul karena ada kerusakan pada kabel gearbox, bisa jadi terputus ataupun kabelnya mengelupas. Akibatnya, saat tuas sudah dipindahkan namun perpindahan gigi tidak terjadi. Anda bisa merasakan ketika tuas persneling berhasil pindah, namun saat menginjak pedal gas malah terasa berat. Hal itu bisa menandakan jika adanya kegagalan dalam perpindahan gigi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply