Foto Profil Biografi Komjen Tito Karnavian Calon Kapolri Baru

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Presiden Joko Widodo sudah menyodorkan satu nama pengganti Kapolri Jenderal Badrodin Haiti ke DPR yaitu Komjen Tito Karnavian. Pilihan Presiden mengejutkan karena Tito Karnavian menyandang tiga bintang di pundaknya. Pasal 11 ayat 6 Undang-undang Kepolisian menyebutkan Calon Kapolri adalah Perwira Tinggi Kepolisian Negara Republik Indonesia yang masih aktif dengan memperhatikan jenjang kepangkatan dan karier.

Mengejutkan karena pilihan Presiden manabrak tradisi, perkiraan, dan asumsi. Karier Tito melesat berkat prestasi yang dicapainya. Pada 2001, Tito yang memimpin Tim Kobra sukses menangkap Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto, putra Presiden ke-2 Soeharto, dalam kasus pembunuhan Hakim Agung Syafiuddin Kartasasmita.

Berkat sukses menangkap Tommy, Tito mendapat kenaikan pangkat luar biasa. Tiga tahun kemudian, ketika Densus 88 Antiteror Polda Metro Jaya dibentuk untuk membongkar jaringan terorisme di Indonesia, Tito yang saat itu menjabat Ajun Komisaris Besar (AKBP) memimpin tim yang terdiri dari 75 personel. Tito juga termasuk polisi yang mendapat kenaikan pangkat luar biasa.

Baca Juga: Hasil Keputusan KPK Soal Ahok Korupsi Sumber Waras Bebas Tidak Ada Pidana

Saat ia tergabung dalam tim Densus 88 Antiteror, yang melumpuhkan teroris Azahari Husin dan kelompoknya di Batu, Malang, Jawa Timur, 9 November 2005. Tito juga ikut bergabung dengan tim yang membongkar jaringan teroris pimpinan Noordin Moch Top. Atas sukses itu, Tito naik pangkat jadi Brigjen dan naik jabatan menjadi Kepala Densus 88 Antiteror Mabes Polri. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply